Belajar Copywriting Untuk Pemula Dengan Memilih Headline Terbaik
4 mins read

Belajar Copywriting Untuk Pemula Dengan Memilih Headline Terbaik

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan ketika sedang belajar copywriting untuk pemula. Seperti salah satunya yang umum perlu diketahui adalah pentingnya memilih headline yang tepat. Judul pada tulisan yang dibuat haruslah menarik dan membuat orang penasaran untuk mengklik. Sehingga ketika terjadi hal tersebut maka bisa membuat promosi dapat dilakukan ketika membaca tulisan yang dibuat. Membuat headline yang menarik tersebut bisa memperhatikan poin-poin berikut ini yang diaplikasikan untuk lebih mudah memilih headline yang akan digunakan dalam tulisan copywriting :

Belajar Copywriting Untuk Pemula Dengan Memilih Headline Terbaik

  1. Menjadi solusi dari permasalahan

Memilih headline yang menarik bisa dengan memaparkan mengenai solusi dari permasalahan. Sehingga dengan adanya solusi yang ditawarkan akan membuat target pasar tertarik untuk meneruskan membaca tulisan yang dibuat. Agar bisa memberikan solusi yang tepat dan menjadi hal yang ditulis di headline. Copywriter sebelumnya perlu untuk mengetahui permasalahan target pasar yang dipunyai terlebih dahulu. Sehingga dengan memahami permasalahan yang dihadapi tersebut akan membuat lebih mudah untuk menawarkan solusi yang dibutuhkan. Contohnya seperti solusi untuk bisa hidup hemat, cara mengurangi kebiasaan boros, dan masih banyak lainnya sesuai dengan tujuan copywriting yang akan dibuat.

  1. Menyebutkan manfaat yang didapat

Pembaca juga akan tertarik ketika tulisan yang dibuat juga memberikan pemaparan yang lengkap mengenai produk dan layanan yang ditawarkan. Terutama ketika menyebutkan manfaat yang akan didapatkan oleh pembaca. Seperti contohnya adalah manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah tertentu, manfaat melakukan olahraga tertentu, manfaat menabung di bank tertentu, dan juga berbagai hal lainnya. Headline dengan menggunakan manfaat yang ditonjolkan tersebut akan membuat pembaca penasaran dan melihat tulisan copywriting tersebut. Utamanya bagi target pasar yang ingin mengetahui mengenai manfaat yang bisa didapatkan dan ingin mengetahui lebih banyak mengenai manfaat lengkap dari suatu hal yang sedang dicari atau dibutuhkannya.

  1. Memberikan kesan urgent

Belajar copywriting untuk pemula juga bisa dilakukan agar memberikan hasil yang diinginkan dengan memberikan kesan urgent ketika memilih headline copywriting yang akan disematkan. Judul tulisan tersebut bisa memberikan urgensi pada keadaan yang perlu mengambil tindakan. Sehingga hal tersebut akan membuat pembaca untuk bisa bergerak dengan lebih cepat dan mengambil tindakan yang disarankan. Memberikan urgensi pada pembaca ini dapat menggiring audience untuk dapat melakukan tindakan dengan cepat. Contoh kalimat headline yang bisa digunakan untuk menggiring audience bisa bertindak cepat dengan memberikan efek urgent seperti jangan ketinggalan sekarang, beli sekarang, diskon hingga 90% yang ditawarkan, join sekarang, daftar sebelum kehabisan, hanya bisa didapatkan, dan berbagai contoh kalimat lainnya.

  1. Memasukkan fakta

Headline yang menarik bagi pembaca dan yang dicari bisanya juga yang memasukkan dan memberikan fakta-fakta. Sehingga headline yang clikbait akan lebih baik dihindari karena bisa memberikan efek jera dan membuat pembaca tidak tertarik lagi untuk membaca copywriting. Sebaliknya headline tersebut juga merepresentasikan tulisan yang dibuat. Salah satunya dengan menggunakan fakta yang dipunyai dan bisa menggunakan angka dan data yang valid. Data dan fakta yang disajikan tentunya yang sesuai dengan topik yang ditulis. Di mana hal tersebut bisa didapatkan dari survey yang diadakan serta penelitian yang telah ada di sebelumnya sehingga menguatkan argumen yang ada di copywriting tersebut.

  1. Hindari kalimat yang panjang

Copywriting perlu untuk dituliskan dengan penulisan yang tepat. Di mana tidak boleh terlalu pendek tetapi juga tidak boleh terlalu panjang. Sedangkan untuk headline yang terbaik adalah yang bisa merepresentasikan isi dan tidak boleh terlalu panjang. Judul yang terlalu panjang tersebut ketika sudah lebih dari 65 karakter. Disarankan untuk membuat headline copywriting yang pendek dan ringkas sehingga akan lebih mudah diingat dan tidak membuat pembaca malas membaca duluan.

Lima hal di atas bisa digunakan untuk belajar copywriting untuk pemula dalam menentukan dan memilih headline yang akan digunakan. Selain headline yang tepat, copywriting yang memberikan hasil bisa menarik pelanggan juga perlu ditulis dengan baik, untuk informasi lebih lanjut Anda bisa kunjungi halaman ini. Anda bisa belajar mengenai penulisan copywriting secara lengkap di Prasmul-ELI yang menyediakan pelatihan profesional untuk menjadi copywriter yang penting dalam digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *