Penuhi Syarat KPR Rumah Berikut Ini Agar Bisa Approve
3 mins read

Penuhi Syarat KPR Rumah Berikut Ini Agar Bisa Approve

Beli rumah di zaman sekarang tidak perlu harus menunggu sampai keuangan mencukupi terlebih dahulu, karena bisa dilakukan meskipun kondisi keuangan Anda belum cukup, diantaranya adalah menggunakan sistem kredit atau KPR, pastinya sudah tidak asing lagi dengan hal tersebut bukan. Program Kredit Pemilikan Rumah yang banyak ditawarkan oleh bank. Syarat KPR rumah ini sebenarnya juga mudah, bahkan sekarang ini ada yang menawarkan DP nol persen juga, sehingga bahkan tanpa uang muka bisa tetap ambil produknya.

Hanya saja di satu sisi jika ambil KPR secara sembarangan juga bisa merugikan Anda, apalagi ada banyak kasus dimana hunian KPR tersebut disita oleh pihak bank, uang yang sudah masuk tidak kembali, namun rumah tersebut justru diambil lagi oleh pihak bank karena nasabah mengalami kondisi gagal bayar. Pastinya tidak ingin sampai mengalami hal tersebut bukan, apalagi Anda sendiri yang nantinya akan dirugikan.

Pengajuan KPR ini tidak dijamin langsung approve, ada banyak juga orang yang memutuskan untuk ambil KPR, namun ujung-ujungnya ditolak oleh bank, karena ternyata tidak memenuhi syarat KPR rumah. Ada beberapa hal yang penting untuk dipenuhi ketika ingin mengajukan KPR ke bank, sehingga bisa approve atau diterima, diantaranya adalah :

  1. Pastikan untuk sadar akan kemampuan bayar Anda, berapa income yang didapatkan saat ini sekaligus juga pengeluarannya, hal tersebut harus diperhitungkan, sehingga nantinya tidak sulit untuk bisa menentukan harga hunian yang ingin dibeli, sekaligus juga cicilan bulanan yang mampu untuk dibayarkan. Bank tidak mau ambil risiko mengabulkan permintaan KPR dari nasabah yang tidak layak, karena hanya akan merugikan perusahaan pembiayaan jika sampai tidak mampu bayar hutang tersebut.
  2. Menjaga catatan kredit agar tetap bagus, sebelum mengajukan KPR, jika seandainya masih punya hutang yang belum lunas, maka pastikan untuk menyelesaikannya terlebih dahulu, karena hal ini sangat berpengaruh terhadap penilaian dari bank, jika dicek pada SLIK OJK, ternyata masih ada hutang belum beres, bahkan masuk pada kondisi yang sudah tidak sehat, maka secara otomatis bank akan langsung menolak permintaan tersebut. catatan kredit yang sehat nantinya akan menambah poin plus jika ingin di approve.
  3. Siapkan dokumen yang lengkap, persyaratan semacam dokumen ini juga termasuk bahan penilaian dari pihak bank, sehingga jangan sampai Anda lewatkan. Catat terlebih dahulu dokumen apa saja yang diminta oleh pihak bank, kemudian lengkapi semuanya tanpa ada yang kurang. Persyaratan dokumen bukan sekedar formalitas semata, melainkan benar-benar akan dilihat oleh bank apakah sudah sesuai atau belum.
  4. Siapkan uang muka, sekalipun bank menawarkan DP nol persen, namun keberadaan uang muka ini penting, yaitu untuk bantu pangkas atau mengurangi beban hutang Anda tersebut. Semakin tinggi nominal uang muka atau DP tentunya jadi semakin bagus, karena dapat meringankan beban hutang yang dimiliki. Minimal siapkan uang muka senilai 20 persen dari harga hunian, tentunya lebih besar dari itu akan jauh lebih baik.
  5. Menyimpan dana darurat, bank lebih suka jika seandainya calon debiturnya punya simpanan dana darurat, biasanya bisa dicek secara mudah di rekening, apalagi pada bank yang sama. Karena artinya risiko untuk mengalami gagal bayar cicilan juga jadi semakin ringan, sehingga wajib untuk memiliki simpanan atau dana darurat ini.
  6. Membangun hubungan baik dengan bank, cara ini juga bisa menjadi salah langkah agar KPR dapat di approve, misalnya lebih disarankan ambil KPR di bank yang sudah lama Anda menjadi bagian dari nasabahnya, menggunakan produk-produk keuangan yang dimiliki. Rajin-rajinlah untuk bertransaksi dengan bank tersebut.

Itulah setidaknya beberapa hal yang dapat dilakukan agar pengajuan KPR bisa approve, cek syarat KPR rumah BCA yang mudah, banyak orang yang memilih ambil KPR dari perbankan ini karena sudah dikenal reputasinya yang bagus, sekaligus juga menawarkan beban biaya ringan. Bank BCA sendiri adalah perbankan swasta terbesar di Indonesia yang saat ini sudah memiliki banyak cabang, produknya lengkap, termasuk diantaranya untuk KPR, KTA, KMG dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *